15 Hal yang sebenarnya salah tapi selama ini dianggap manusia benar

Meskipun sudah diberikan keterangan dan asal-usulnya, tetap saja tidak diperhatikan.

1. Kopi terbuat dari biji 
Ini adalah kesalahan yang sudah menjadi hal lumrah. Kenyataannya adalah kopi merupakan buah. Bunga dari tanaman kopi tumbuh menjadi buah yang di dalamnya terdapat 'biji kopi'. Jadi, jangan ngaku pecinta kopi kalau masih nyebut kopi merupakan bagian dari biji-bijian. 

2. Bunglon berubah warna sesuai dengan wilayah sekitar
Ada anggapan bahwa ketika dalam tanah bunglon bisa berwarna keclokatan. Sedangkan ketika di pohon, kulit bunglon akan berwarna hijau. Kenyataannya bunglon tidak berubah warna seperti itu. Hewan satu ini merubah warna kulitnya tergantung dari suhu, cahaya, dan mood, bukan warna objek di sekitarnya. 

3. Gunung Everest merupakan gunung tertinggi di dunia
Sejak di bangku sekolah dasar kita percaya bahwa Gunung Everest merupakan gunung paling tinggi di bumi. Gunung Everest memang gunung tertinggi jika diukur dari permukaan laut bukan dari dasar gunung. Kenyataannya yang berhak menyandang sebagai gunung tertinggi adalah Mauna Kea di Kepalauan Hawaii. 

4. Tembok Besar China bisa dilihat dari luar angkasa
Ini adalah sebuah kesalahpahaman yang harus dikoreksi. Angkasawan dari Apollo sudah mengkonfirmasi bahwa keajaiban dunia itu tidak bisa dilihat dari bulan. Lebih baik pergi ke China langsung untuk melihatnya ketimbang harus ke bulan. 

5. Bumi berevolusi
Jika kamu tidak membolos kelas IPA di sekolah pasti kamu percaya hal ini. Secara teknis, semua planet tidak hanya mengitari matahari saja. Akan tetapi juga mengorbit ke pusat sistem tata surya.

6. Area lidah yang berbeda bisa mendeteksi rasa yang berbeda
Dahulu lidah dipeta-petakan, bagian mana yang bisa merasakan asin, pahit, atau asam. Akan tetapi hal tersebut tidak berlaku. Pada dasarnya saat mendeteksi sebuah rasa, semua wilayah lidah merasakannya, akan tetapi tingkat sensitivitasnya berbeda-beda. 

7. Kacang tanah merupakan golongan dari kacang-kacangan
Namanya yang mirip, membuat kita mengkatogerikan kacang tanah menjadi bagian dari kacang-kacangannya. Padahal secara ilmiah, kacang tanah merupakan dari jenis yang berbeda, yakni dari famili leguminosae. 

8. Manusia mempunyai panca indra
Ternyata selama ini kamu salah jika manusia hanya mempunyai lima indra saja. Seperti, indra pengecap, indra pendengaran, indra penglihatan, indra perasa, dan indra peraba. Ada yang mengungkap bahwa indra manusia berjumlah sembilan. Tetapi ada juga yang menyebutkan manusia mempunyai 21 indra. 

9. Vitamin C merupakan obat pilek
Masih banyak kan orang mengonsumi vitamin C atau buah-buahan yang kaya vitamin C untuk mengusir flu? Tetapi hal ini percuma saja. Berdasarkan ahli, vitamin C tidak terlalu bahkan tidak membatu untuk mengobati orang yang terkena pilek. 

10. Alkohol membuat hangat
Panas yang dirasakan karena alkohol merupakan tipuan. Ketika kamu minum alkohol pembuluh darah kamu membesar, sehingga darah bergerak lebih dekat dengan permukaan kulit. Sehingga, kamu merasakan kehangatan. Padahal saat yang sama, pembuluh vena yang memompa darah lebih dekat ke permukaan kulit menyebabkan kamu kehilangan panas tubuh juga. 

11. Keluar rumah saat cuaca dingin bikin sakit
Kamu pasti sangat kesel ketika tidak boleh bermain di luar rumah saat cuaca dingin. Padahal tidak ada hubungannya antara suhu yang dingin yang membuat kamu akan sakit. Mungkin ini hanyalah trik ibu kamu agar kamu tetap di rumah. 

12. Sydney merupakan ibukota Australia
Masih banyak yang salah menyebutkan ibukota Australia. Ibu kota dari negara ini adalah Canberra bukan Sydney. Jadi, jangan sampai salah sebut lagi ya! 

13. Cowok selalu memikirkan tentang seks per tujuh detik
Bagi kaum cowok, statemen ini sangat tidak adil. Tapi beruntungnya, kesimpulan seperti ini belum terbukti. Bahkan belum ada bukti yang cukup. Santai aja boys! 

14. Banteng sensitif dengan warna merah
Kita terlanjur percaya bahwa banteng lebih agresif ketika dikasih sesuatu yang berwarna merah. Sebenarnya, banteng hanya bisa melihat warna biru dan kuning. Kenapa mereka sensitif dengan warna merah? Karena banteng terpengaruhi oleh gerakan orang yang melambaikan kain merah. 

15. Planet Mars berwarna merah
Sudah sering kan mendapatkan informasi bahwa planet ini berwarna merah? Padahal warna merah yang dilihat oleh para astronot merupakan hasil dari proses pengkaratan besi.

sumber : brilio.net
Post a Comment

Total Pengunjung