Cara Merawat Baterai Laptop

Hai Sobat..Apa Kabar ?
Saya selaku admin Fredy Jansen Blog ingin membagikan sebuah artikel yang mungkin bermanfaat bagi anda.

Baterai pada laptop merupakan salah satu hal terpenting yang ada pada laptop karena baterai laptop juga yang menentukan kualitas sebuah laptop tersebut.
Berikut ada tips dan Cara Merawat Baterai Laptop
1.Belilah laptop yang memilki konsumsi daya terendah. Untuk laptop berprosessor AMD biasanya terdapat fitur cool & Quiet dan prosessor Intel dengan fitur “CULV” “Consumer Ultra-Low Voltage”.


2.Mengurangi kecerahan layar. Laptop dengan tingkat kecerahan tinggi biasanya akan dengan cepat menghabiskan power baterai dengan cepat.

3.Jalankan Aplikasi atau Tab Seperlunya. Laptop pada zaman sekarang seluruhnya sudah mendukung multitasking atau bisa menjalankan beberapa tab/program secara bersamaan. Namun, jangan terlalu banyak menjalankan tab/program, hal ini bisa mempercepat kinerja baterai laptop menurun.

4.Tutup aplikasi yang tidak dijalankan agar baterai yang dipakai tidak terlalu banyak.

5.Pilihlah RAM yang cocok. Meng-upgrade RAM memang diperlukan untuk beberapa kasus, namun jangan terlalu ekstrem dalam menambah RAM untuk laptop. Asal kalian tahu, semakin tinggi RAM sebuah laptop, semakin tinggi pula kebutuhan daya untuk laptop tersebut yang mana berhubungan pula dengan umur baterai laptop.

6.Bersihkan baterai secara teratur. Caranya adalah dengan menggunakan alkohol atau cairan pembersih lainnya secara berkala.
Cabut berbagai macam aksesoris. Maksdnya disini adalah mencabut beberapa aksesoris tidak terpakai yang tertancap dilaptop seperti CardReader, USB FD, dan lain sebagainya.

7.Gunakan fitur-fitur yang mendukung untuk menghemat baterai.

8.Mematikan Wi-Fi dan Bluetooth jika sedang tidak digunakan. Wireless LAN dan Bluetooth tetap membutuhkan daya walaupun sedang tidak digunakan, oleh karena itu lebih baik matikan saja jika memang tidak dibutuhkan uses power even when it is not in use. Transmitting and receiving data drains the battery.

9.Mendefrag harddisk secara berkala. Defrag sendiri sebenarnya berguna untuk mempercepat proses read-write harddisk, namun apabila proses tersebut berjalan lambat, hal ini pula mempengaruhi kinerja laptop. Semakin lama proses yang terjadi, semakin tinggi pula daya yang dibutuhkan, oleh karena itu, defrag harddisk kalian minimal 1 atau 2 bulan sekali.

10.Jangan menggunakan laptop saat di charge. Mungkin ini salah satu faktor utama yang menyebabkan banyaknya baterai laptop menjadi bodong. Karena banyak penggunanya menggunakan laptop saat sedang mengisi baterai. Usahakan jangan menggunakannya saat laptop sedang mengisi baterai, hal ini akan menyebabkan baterai laptop menjadi "stress" dan membuat umur laptop berkurang.

11.Koneksikan Laptop ke UPS. Jika kalian memang tidak ingin menggunakan baterai dan hanya menggunakan colokan ke sumber listrik secara langsung, lebih baik menggunakan UPS. UPS sendiri bisa mencegah kerusakan hardware pada laptop apabila arus listrik mati secara mendadak.

12.Jangan menggunakan ScreenSaver.

13.Gunakan Wallpaper berwarna gelap, hal ini karena wallpaper berwarna gelap lebih hemat dalam konsumsi daya.
Selalu update driver dan BIOS.

Oke sobat, sekian dulu ya artikel mengenai Cara Merawat Baterai Laptop. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.Terima Kasih.
Post a Comment

Total Pengunjung